Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Ekspositori Terhadap Proses Perencanaan Karir Di Kelas XI SMK Mambaul Falah Dawe Kudus

Ulya, Hikmatul (2021) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Ekspositori Terhadap Proses Perencanaan Karir Di Kelas XI SMK Mambaul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (711kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (677kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil need assesment melalui pengisian DCM. Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses perencanaan karir. permasalahan yang terjadi meliputi ingin mengetahui bakat dan kemampuan, sulit memilih pekerjaan, tidak mengetahui kegiatan setelah lulus sekolah, dan sulit menetapkan pilihan perguruan tinggi. Melalui bimbingan kelompok teknik ekspositori diharapkan proses perencanaan karir yang dimiliki peserta didik meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perencanaan karir peserta didik, untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan bimbingan kelompok teknik ekspositori, dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik ekspositori terhadap proses perencanaan karir peserta didik di kelas XI SMK Mambaul Falah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pre-experimen dengan desain penelitian one group pre-test dan posttest. Penelitian ini menggunakan 12 subjek penelitian yang memiliki tingkat proses perencanaan karir yang beragam. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil pre-test perhitungan nilai kuisioner perencanaan karir. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis perencanaan karir yang diberikan sebelum dan sesudah bimbingan kelompok teknik ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat proses perencanaan karir peserta didik sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok teknik ekspositori adalah sedang. Setelah pemberian layanan dalam 3 kali pertemuan terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest adalah 79,42, dan rata-rata skor posttest adalah 85,75. Pelaksanaan bimbingan kelompok dilaksanakan sesuai dengan aturan dan secara runtut. Hasil pengujian data penelitian menghasilkan model regresi berbentuk linier dengan nilai sig. 0,613 > 0,05. Kemudian diuji menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05 yang menyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik ekspositori dapat mempengaruhi proses perencanaan karir peserta didik. Presentase pengaruh antara bimbingan kelompok teknik ekspositori terhadap proses perencanaan karir adalah 0,888 atau 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik ekspositori dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman, dan pengembangan dalam proses perencanaan karir di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Ekspositori, Proses Perencanaan Karir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:35
Last Modified: 09 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item