Manajemen Kelas dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Negeri Slungkep 02 Kecamatan Kayen Pati

Nahar, Riska Lailin (2021) Manajemen Kelas dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Negeri Slungkep 02 Kecamatan Kayen Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Manajemen Kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikan bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar, dengan kata lain ialah kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar. Pada lembaga pendidikan manajemen kelas dilakukan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lebih berkualitas, lebih lagi sekarang ini persaingan untuk menghasilkan output yang baik sangat ketat antar lembaga satu dengan yang lainnya. Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan iklim belajar yang baik, yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar lebih giat, berbagai strategi pembelajaranpun diterapkan. Dimana guru harus mengatur manajemen kelas yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang optimal. Dengan demikian, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah dasar negeri Rogomulyo 02 dan Slungkep 02 Kecamatan Kayen Pati. Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni: (1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Slungkep 02 Kayen Pati, (2) untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Slungkep 02 Kayen Pati, (3) untuk mengetahui peran manajemen kelasn dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Slungkep 02 Kayen Pati. Masalah dipecahkan melalui metode komparasi kualitatif lapangan yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi teknik dan bahan referensi. Data dianalisis dengan reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan manajemen kelas di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 dan Sekolah Dasar Negeri Slungkep 02 Kayen Pati dalam pelaksanaannya manajemen kelas di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo menekankan kerjasama yang solid antar pihak dalam sekolah, sedangkan di Sekolah Dasar Negeri memiliki kepala sekolah sebagai pemimpin yang menggerakkan semua kegiatan dalam pelaksanaannya, langkah-langkah dalam manajemen kelas yang dilaksankan yaitu dimulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran, Guru dalam pelaksaan manajemen kelas di kedua sekolah menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar dan pembiasaan kelompok belajar, (2) Prestasi belajar belajar peserta didik di kedua sekolah ditandai dengan prestasi dibidang akademik maupun nonakademik seimbang di kedua sekolah tersebut. Prestasi belajar dari aspek kognitif, yang dapat dilihat dari nilai semester dan ujian akhir kelas enam yang stabil dan meningkat, dillihat dari segi afektif meningkatnya tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran, semangat dalam belajar, dan sikap yang sopan. Sedangkan dari psikomotorik dapat dilihat dari dibidang ektrakulikuler dan olahraga. Untuk menunjang prestasi tersebut kedua sekolah selalu memperbaiki dan meningkatkan prestasi melalui fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan, (3) manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar di kedua sekolah tersebut dinailai berhasil, yaitu ditandai dengan melahirkan output peserta didik yang berprestasi dalam akademik maupun kejuaraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Prestasi Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:42
Last Modified: 11 Feb 2022 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6715

Actions (login required)

View Item View Item