Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Media Flash Card Terhadap Tema Diriku Dalam PeningkatanKemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Prabastari, Lina Citra (2021) Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Media Flash Card Terhadap Tema Diriku Dalam PeningkatanKemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan membaca menulis anak yang berkesulitan belajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture melalui media flash card. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran picture and picture melalui media flash card terhadap tema diriku dalam pengingkatan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas 1 MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. 2). Untuk mendeskripsikan kendala dalam implementasi model pembelajarn picture and picturemelalui media flash card terhadap tema diriku dalam peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas 1 MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis datanya dengan cara validasi, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1). Implementasi model pembelajaran picture and picture melalui media flash card terhadap tema diriku dalam peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas 1 MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu Model pembelajaraan picture and picture melalui media flash card berperan penting agar peserta didik dapat memeahami belajar tema diriku pembelajaran bahasa indonesia, kemampuan membaca menulis permulaan pada peserta didik yang tidak berkesulitan tingakat kemampuan cukup baik dari segi membaca menulis dan peserta didik yang berkesulitan tingakat kemampuan masih rendah dalam membaca menulis permulaan. Meliputi empat tahap kegiatan yaitu pertama, kegiatan pendahuluan, terdiri dari mempersiapkan kartu flash card yang akan digunakan, mempersiapkan buku tematik Bahasa Indonesia, mempersiapkan buku tulis, pensil dan penghapus, kedua, kegiatan inti, terdiri dari salam, absensi siswa, menanyakan kabar, mengintruksikan untuk mempersiapkan buku tematik, buku tulis, pensil dan penghapus, membimbing peserta didik untuk membuka buku tematik bahasa indonesia tema diriku dengan model pembelajaran picture and picture melalui media flash card dengan gambar buah apel dan tertulis A P E L dan buku tulis, dan meminta peserta didik untuk bertanggung jawab atas alat yang digunakan, ketiga, kegiatan penutup, berkemas-kemas dan berdoa, keempat, kegiatan evaluasi, berupa pengamatan yang dilakukan pendidik saat anak membaca menulis permulaan pada pembelajaran berlangsung serta memberikan bacaan buku yang bermuatan huruf abjad, perkata, kalimat untuk siswa membaca satu persatu. 2). Kendala dalam Implementasi model pembelajaran picture and picture melalui media flash card terhadap tema diriku dalam peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas 1 yaitu kendala dalam implementasi siswa kurang minat belajar, Kurangnya motivasi belajar Kurangnya perhatian orangtua. Kurangnya perhatian dari guru dalam proses pembelajaran. Solusi implementasi menanamkan pentingnya nilai-nilai belajar ditekankan bahwa belajar akan bermanfaat dalam hidupnya, menyediakan sarana dan prasarana belajar, lingkungan belajar yang kondusif, menanamkan motivasi belajar agar siswa terdorong untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture, Media Flash Card, Kemampuan Membaca Menulis Permulaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:34
Last Modified: 11 Feb 2022 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6721

Actions (login required)

View Item View Item