STUDI ANALISIS VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI DATUK SINGARAJA KERSO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Darul, Muhammad (2016) STUDI ANALISIS VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI DATUK SINGARAJA KERSO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
FILE 1.COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
FILE 2.ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5.BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6.BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8.BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengajar adalah perbuatan kompleks yang memerlukan sejumlah variasi gaya mengajar agar siswa mempunyai minat dalam belajarnya, sehingga tujuan belajar dapat dicapai. Sebaliknya bila guru dalam proses belajar mengajar tidak mengunakan variasi gaya mengajar maka akan membosankan siswa, perhatian siswa berkurang, akibatnya mengantuk, bermain sendiri dan tujuan belajar tidak akan tercapai. Skripsi ini membahas tentang Studi analisis variasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Datuk Singaraja Kerso untuk menjawab permasalahn (1) Bentuk-bentuk variasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara tahun pelajaran 2015/2016 (2) Bagaimana proses variasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara tahun 2015/2016 (3) Bagaimana hasil variasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Datuk Singaraja Kerso kedung jepara tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan metode deskripstif. Adapun lokasi penelitianya di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Hasil penelitian adalah (1) Variasi gaya mengajar yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mapel Fiqih meliputi: Variasi suara, penekanan, pemberian waktu dan kesenyapan, kontak pandang, gerakan anggota badan dan mimik, pergantian posisi guru dalam kelas. Serta pengunaan gaya mengunakan gaya individual/persoanliasi. (2) Proses variasi gaya mengajar yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mapel Fiqih meliputi : a. Perencanaan (apersepsi, kegiatan inti, penutup). b. Pelaksanaan, diatarnya: penambahan alokasi waktu, waktu pelaksanaan diperbanyak, kedisiplinan siswa mengkuti kegiatan pembelajaran praktek, peran guru dalam membimbing, membina siswa-siswi pada kegiatan melaksanakan praktek, pengelompokan peserta didik, dari kelompok besar kemudian kelompok kecil beisi 4-5 siswa individu, ketersediaan alat peraga, serta peran orang tua dan lingkungan, dan tata tertib mengikuti pembelajaran praktek. (3) Hasil variasi gaya mengajar guru dalam meningkatakan kemampuan psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih mencapai hasil yang ratarata 90% dengan indikator melampui kriteria KKM,(khususnya pada kelas 6).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Variasi gaya mengajar; Mapel Fiqih; psikomotorik
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 05:23
Last Modified: 18 Feb 2017 05:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item