Sholihah, Siti Hasanatul (2021) Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMP N 1 Sluke Rembang). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (931kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (522kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran yang diterapkan guru mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sluke Rembang, bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sluke Rembang, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1Sluke Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau yang biasa disebut field research dimana peneliti menjadi instrumen utama dalam melaksanakan penelitian. Peneliti melakukan pengamatan langsung dan melihat secara nyata bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di era pandemi Covid-19 (studi kasus di SMP Negeri 1 Sluke Rembang). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data yang di peroleh merupakan data real yang terjadi di SMP Negeri 1 Sluke Rembang. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, 1) Model pembelajaran yang diterapkan guru mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sluke Rembang, yaitu menggunakan model blended learning atau pembelajaran dengan menggabungkan dua model pembelajaran yaitu daring method (online) dan luring method (offline) melalui media e-learning, 2) Bentuk-bentuk kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sluke Rembang, yaitu dimulai dari perencanaan dengan membuat jadwal pembelajaran dan perangkat pembelajaran, menyiapkan media dan alat evaluasi pembelajaran, bahan ajar yang sesuai model blended learning. Pelaksanaan diwujudkan dalam membuat RPP dengan tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari sintaks seeking of information, acquisition of information, dan synthesizing of knowledge. Evaluasi/penilaian ditentukan dari aspek koginitif, afektif, dan pskimotorik. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PAI di era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sluke Rembang, yaitu alokasi waktu terbatas, gangguan koneksi internet, kehadiran siswa yang sulit terkontrol, keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Untuk mengatasi hambatan tersebut sekolah telah membuat jadwal konsultasi siswa ke guru mapel yang dilaksanakan setiap minggunya agar siswa bisa lebih terbuka dalam menyampaikan suatu permasalahan yang dialami saat mengikuti pembelajaran di masa pademi Covid-19, seperti materi pelajaran masih kurang paham, tugas dari guru, dan tidak memiliki HP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Model Pembelajaran, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:03 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6742 |
Actions (login required)
View Item |