Implementasi Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Santriwati Pondok Pesantren Qudsiyah Putri

An Nisa, Dinda Meilasari (2021) Implementasi Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Santriwati Pondok Pesantren Qudsiyah Putri. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen diri yang dilakukan oleh pihak pondok hingga santriwati untuk meningkatkan kemandirian belajar santriwati Pondok Pesantren Qudsiyah Putri Kudus. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas oleh peneliti pada penelitian ini yaitu: Bagaimana konsep manajemen diri untuk meningkatkan kemandirian belajar Santriwati Pondok Pesantren Qudsiyah Putri Kudus, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai kemandirian belajar santriwati di Pondok Pesantren Qudsiyah Putri Kudus, dan Bagaimana hasil dari manajemen diri untuk meningkatkan kemandirian belajar Santriwati Pondok Pesantren Qudsiyah Putri Kudus? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau bisa disebut juga field search, dimana pada penelitian ini peneliti menjadi instrument utama dan langsung ke lokasi untuk melakukan observasi. Dengan begitu peneliti dapat melihat secara langsung bagaimana konsep manajemen diri yang diajarkan oleh pihan pesantren kepada santriwati atau bahkan manajemen diri masing-masing santriwati untuk meningkatkan kemandirian belajar. Peneliti mengungkap hal-hal tersebut secara fakta dengan melakukan wawancara kepada beberapa narasumber. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data yang diperoleh merupakan data real yang terjadi di Pondok Pesantren Qudsiyah Putri mengenai konsep manajemen diri untuk meningkatkan kemandirian belajar santriwati. Adapun hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan sebagaimana berikut. 1) Seluruh pihak Pondok pesantren telah melakukan berbagai upaya mengajarkan kepada santriwati dalam memanajemen diri untuk meningkatkan kemandirian belajar santriwati dengan, mengenalkan santriwati mengenai manajemen diri. Konsep manajemen diri yang dilakukan santriwati tiap individu adalah berbeda-beda sesuai dengan kemampuan belajar dan keinginan mereka. 2) Faktor yang mendukung adalah motivasi diri sendiri, motivasi orang lain dan lingkungan, fasilitas pesantren yang memadai, serta pergaulan yang baik antar sesama santriwati. Sedangkan faktor penghambat dapat dipengaruhi dari padatnya kegiatan, banyaknya materi yang harus dipelajari sehingga santriwati kesulitan dalam membagi waktu untuk belajar, serta pergaulan yang kurang baik antar sesama santriwati. 3) Adapun hasil dari konsep manajemen diri untuk meningkatkan kemandirian belajar santriwati di Pondok Pesantren Qudsiyah Putri adalah dengan segala usaha yang telah dilakukan mampu menjadi perkembangan dan meningkatnya prestasi santriwati dari bidang akademik dan non akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Diri, dan Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:43
Last Modified: 15 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item