Janah, Luluk Atul (2021) Urgensi Pembelajaran Kitab Asnal Maqoshid (Ushuluddin, Fiqh, Tasawuf) Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI di SMA Rifaiyah Kayen Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (559kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (512kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (914kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (511kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (950kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (472kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (711kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui latar belakang diadakannya pembelajaran Kitab Asnal Maqoshid bagi siswa di SMA Rifaiyah Kayen Pati. (2) Untuk menganalisis proses implementasi kandungan Kitab Asnal Maqoshid pada perilaku sehari-hari siswa kelas XI di SMA Rifaiyah Kayen Pati. (3) Untuk menganalisis perkembangan nilai-nilai spiritual siswa kelas XI di SMA Rifaiyah Kayen Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Rifaiyah Kayen Pati. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Kitab Asnal Maqoshid, Guru yang paham tentang Kitab Asnal Maqoshid, dan siswa kelas XI di SMA Rifaiyah Kayen Pati. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Latar belakang pemilihan kitab Asnal Maqoshid sebagai salah satu mata pelajaran di SMA Rifaiyah adalah karena kitab tersebut merupakan salah satu kitab karangan dari Syekh Ahmad Rifa’i. Selain itu, Kitab Asnal Maqoshid mengandung tiga ilmu pokok yaitu ilmu ushuluddin, ilmu fiqih, dan ilmu tasawuf. Ketiga ilmu tersebut mrupakan ilmu yang wajib di pelajari karena merupakan intisari dari Al-Qur’an. (2) Implementasi kandungan Kitab Asnal Maqoshid telah tercermin dalam perilaku siswa di lingkungan sekolah. Dengan praktek di dalam kelas maupun di luar kelas seperti diskusi, membaca kitab, lafal makna, menghafal bait kitab, dan di dukung oleh kegiatan ekstra kurikuler di sekolah maka penerapan kandungan Kitab Asnal Maqoshid menjadi lebih optimal. (3) Perkembangan nilai-nilai spiritual siswa di tandai dengan terjadinya peningkatan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Siswa mampu memahami dan menerapkan kandungan Kitab Asnal Maqoshid di setiap amal dan ibadah yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Asnal Maqoshid, Kecerdasan Spiritual, Ushuluddin, Fiqih, Tasawuf |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 01:31 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 01:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6767 |
Actions (login required)
View Item |