Konsep Pembinaan Kepribadian Anak Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad

Sari, Anis Fitria (2021) Konsep Pembinaan Kepribadian Anak Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (907kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembinaan kepribadian anak dalam kitab Ayyuhal Walad Perspektif Imam Al-Ghazali serta relevansinya dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu dengan mempelajari literatur yang memiliki kaitan erat dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menekankan analisisnya pada penyimpulan deduktif dan induktif yang terdapat dalam kitab Ayyuhal Walad. Sumber data pada penelitian ini yaitu berupa kitab karya Imam Al-Ghazali. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik secara primer maupun sekunder, berupa buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Kitab ini terdiri dari 24 Nasehat yang ditulis oleh beliau Imam Al-Ghazali. Peneliti memperoleh beberapa penemuan dalam penulisan penelitian ini yaitu Pertama,konsep pembinaan kepribadian yang ditawarkan oleh Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad lebih kepada sikap bagaimana karakter seseorang dalam berperilaku, baik kepada Tuhan, diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Dalam kitab Ayyuhal Walad mengandung pembinaan kepribadian terhadap anak yaitu: 1) Membentuk pribadi yang taat dan bertakwa kepada Allah 2) Membentuk pribadi yang tawakal 3) Membentuk pribadi yang ikhlas 4) Membentuk pribadi yang istiqomah 5) Membentuk pribadi yang mempunyai sifat tenggang rasa dan jiwa sosial 6) Membentuk pribadi yang menghormati guru. Dan pembinaan kepribadian ini menggunakan metode: 1) Nasihat 2) Pembiasaan 3) Keteladanan. Kedua, konsep pembinaan kepribadian yang dijabarkan oleh Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad relevan dengan pendidikan agama Islam di Indonesia seperti materi, metode dan tujuan. Terkait dengan materi yang relevan adalah bahasan tentang pembentukan kepribadian sehingga mampu membentuk manusia yang memiliki pribadi unggul, baik dalam hablum minallah dan hablum minannas. Adapun relevansi metode yang ditawarkan Al-Ghazali memiliki kesamaan dalam konteks penyesuaian metode terhadap perkembangan anak. Tujuan pendidikan yang dikemukakan Al-Ghazali memiliki relevansi dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu tumbuhnya nilai-nilai moral dalam pribadi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Anak, Imam Al-Ghazali, Kitab “Ayyuhal Walad”
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:26
Last Modified: 16 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item