Hubungan Karakter Disiplin dan Motivasi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Nu Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Sari, Vivin Novita Maya (2021) Hubungan Karakter Disiplin dan Motivasi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Nu Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (615kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter disiplin peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui motivasi peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui hasil belajar kognitif pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajarn 2020/2021. Untuk mengetahui terdapat hubungan positif antara karakter disiplin dan motivasi peserta didik dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang bersifat kuantitatif dengan maksud untuk mempelajari hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, observasi, dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta didik kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus yang berjumlah 108 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki nilai rata-rata sebesar 81,3810, nilai tersebut masuk pada rentang interval 70 < X < 93, artinya beradaada p kategori sedang. Motivasi peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki nilai rata-rata sebesar 86,7381, nilai tersebut masuk pada rentang interval 77 < X < 96, artinya motivasi peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus berada pada kategori sedang. Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki nilai rata-rata sebesar 90,8929, nilai tersebut masuk pada rentang interval 83 < X, artinya hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus berada pada kategori tinggi.. Berdasarkan nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar (4,121>3,11). Didukung dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 yaitu menunjukkan nilai sebesar 0,013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Karakter Disiplin, Motivasi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:43
Last Modified: 16 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item