Hayatunnufus, Anita (2021) Pengaruh Pembelajaran Online dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Efektivitas Kegiatan Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (684kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (797kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (455kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (656kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (337kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya corona virus disease yang terjadi di Indonesia pada tahun 2020 yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah guna mencegah penularan corona virus disease. Sehingga Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus menerapkan kegiatan pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap efektivitas kegiatan belajar pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus, 2) mengetahui pengaruh motivasi peserta didik terhadap efektivitas kegiatan belajar pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus, 3) mengetahui pengaruh pembelajaran online dan motivasi peserta didik terhadap efektivitas kegiatan belajar pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, administrasi tata usaha, guru mata pelajaran Fiqh dan peserta didik kelas VIII. Sampel penelitian sebanyak 73 responden dengan menggunakan metode perposive sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran online berpengaruh negatif terhadap efektivitas kegiatan belajar dengan nilai t hitung sebesar 0,368, 2) motivasi peserta didik berpengaruh positif terhadap efektivitas kegiatan belajar dengan nilai t hitung sebesar 7,907, 3) pembelajaran online dan motivasi peserta didik secara simultan berpengaruh positif terhadap efektivitas kegiatan belajardengan nilai f hitung sebesar 34,141. Besarnya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R square sebesar 0,479% yang berarti ada pengaruh sebesar 47,9% antara pembelajaran online dan motivasi peserta didik terhadap efektivitas kegiatan belajar pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kaliwungu Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran online, Motivasi peserta didik, Efektivitas kegiatan belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 07:48 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 07:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6800 |
Actions (login required)
View Item |