Laila, Ulfa Nur (2022) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Sumber. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (526kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (754kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (596kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (534kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa mengenai penerapan pembelajaran PBL berbasis LKS pada konsep pencemaran lingkungan di SMAN 1 Sumber Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian percobaan atau eksperimen metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, soal (pre-test post-test) dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di SMA Negeri 1 Sumber Rembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PBL berbasis LKS ini berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Sebelum pelaksanaan pembelajaran secara daring ini guru merencanakan untuk mempersiapkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan hasil yang diharapkan. Pelaksanaan pembelajaran PBL berbasis LKS ini juga sudah berjalan dengan baik dan efektif diterapkan. Evaluasi pembelajaran PBL secara daring melalui aplikasi Google Meet dilakukan oleh pihak peneliti dengan memberikan soal (pre-test post-test). Hambatan-hambatan yang terjadi dalam penerapan pembelajaran PBL berbasis LKS ini adalah jaringan internet dan kuota internet. Berdasarkan uraian di atas upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut adalah perbaikan jaringan internet atau server, kemudian memberikan subsidi bagi siswa yang kekurangan kuota atau siswa dapat menggunakan fasilitas laboratorium sekolah. Penerapan pembelajaran daring berbasis LKS ini berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), LKS,Pencemaran lingkungan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 02:23 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6803 |
Actions (login required)
View Item |