Wati, Eli Irna (2022) Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Siswa pada Masa Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII A di Mts. Pesantren Sabilil Muttaqien Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (560kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua kelas VII A di MTs. Pesantren Sabilil Muttaqien Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora terhadap pendidikan karakter siswa dalam masa pembelajaran daring tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua kelas VII A di MTs. Pesantren Sabilil Muttaqien Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, serta untuk mengetahui solusi yang dilakukan orang tua siswa kelas VII A di MTs. Pesantren Sabilil Muttaqien Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora dalam menghadapi kesulitan saat menjalankan pendidikan karakter siswa dalam masa pembelajaran daring tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu orang tua kelas VII A, wali kelas VII A, dan siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua terhadap pendidikan karakter siswa pada masa pembelajara daring siswa kelas VII A di MTs. Pesantren Sabilil Muttaqien Randublatung Blora tahun pelajaran 2020/2021 sudah berjalan cukup baik, hal ini bisa dilihat dari orang tua yang membiasakan anak untuk bersiap 15 menit sebelum pembelajaran daring dimulai dan tidak melakukan aktivitas lain agar anak tepat waktu baik dalam menghadiri kelas online sebagai bentuk penerapan kedisiplinan. Orang tua yang membentuk kejujuran anak dengan cara senantiasa mengingatkan tentang norma agama tentang pentingnya kejujuran dan konsekuensi dari ketidakjujuran. Orang tua yang membiasakan untuk memberikan kesempatan pada anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri sebagai bentuk penerapan karakter bertanggung jawab. Beberapa kendala yang dialami oleh orang tua diantaranya, kesulitan mengatur waktu, jaringan internet kurang stabil, anak sulit diatur, latar belakang pendidikan, dan kesulitan mengoperasikan gadget. Solusi yang dilakukan oleh orang tua kelas VII A diantaranya: Solusi dari kesulitan mengatur waktu, orang tua menitipkan anak pada neneknya. Solusi dari jaringan internet yang kurang stabil, orang tua menyuruh anak untuk menghubungi temannya ketika jaringan sudah kembali stabil untuk meminta penjelasan materi yang tertinggal. Solusi dari latar belakang pendidikan, orang tua menggunakan jasa guru privat untuk membantu anak dalam memahami materi. Solusi dari kendala anak yang sulit diatur, orang tua memberi peringatan secara tegas tapi tidak kasar. Solusi dari kendala kesulitan mengoperasikan gadget, orang tua meminta bantuan saudaranya yang memiliki pengetahuan tentang cara mengoperasikan gadget untuk mengajarinya dalam menggunakan gadget.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 02:27 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6806 |
Actions (login required)
View Item |