Makna Edukatif Makam Daeng di Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Sebagai Sumber Belajar Sejarah Islam Pada Jenjang SMA/MA

Larasati, Ratih Indah (2022) Makna Edukatif Makam Daeng di Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Sebagai Sumber Belajar Sejarah Islam Pada Jenjang SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (914kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi terkait dengan Makna Edukatif Makam Daeng di Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara sebagai sumber belajar sejarah Islam yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap kesadaran dan wawasan pada generasi muda khusunya jenjang SMA/MA untuk mempelajari situs peninggalan sejarah di Makam Daeng Krapyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dengan pemanfaatan situs peninggalan sejarah, pentingnya mempelajari situs peninggalan sejarah, dan faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhi situs peninggalan di kompleks Makam Daeng Krapyak Tahunan Jepara sebagai sumber belajar sejarah pada jenjang SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian yaitu Juru Kunci, pengurus Makam Daeng, kepala desa Krapyak, 2 masyarakat, guru sejarah dan 2 peziarah. Adapun tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi , wawancara terstuktur dan tidak terstuktur, dan dokumentasi. Setelah itu, pengumpulan data dan dianalisis dengan teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Makna edukatif pemanfaatan peninggalan-peninggalan Makam Daeng di Desa Krapyak Tahunan Jepara sebagai sumber belajar sejarah islam pada jenjang SMA/MA belum dapat dilakukan secara optimal, karena masih banyak proses perbaikan dan identifikasi makam yang masih belum di temukan. Sehingga proses pemanfaatan makam Daeng sebagai sumber belajar sangat terbatas. 2) Makna edukatif peninggalan Makam Daeng Krapyak Tahunan Jepara sebagai sumber belajar sejarah Islam pada jenjang SMA/MA, yaitu melalui materi pembelajaran sejarah dari Kompetensi Dasar 3.8 Kurikulum 2013 kelas XI, yaitu “Mengidentifikasi Sistem Pemerintahan, Sosial, Ekonomi Dan Kebudayaan Masyarakat Indonesia Pada Masa Kerajaan-Kerajaan Besar Islam Di Indonesia Yang Berpengaruh Pada Kehidupan Masa Kini”. Siswa dapat mempelajari, mengkaji, menjaga dan melestarikan situs sejarah berupa benda peninggalan Makam kuno bercorak Islam yang merupakan waliyullah dan Auliya, gapura makam, sumur tiban, dan arsitektur ukiran. 3) Faktor pendorong yang mempengaruhi adanya Makam Daeng Krapyak sebagai sumber belajar sejarah Islam adalah ketersediaan sarana prasana yang memadai, nilai sejarah yang tinggi dan kondisi lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat meliputi, minimnya informasi terkait Makam Daeng dan masih minimnya penelitian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Makam Daeng, Sejarah, Sumber Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Geografi dan sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:06
Last Modified: 17 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6815

Actions (login required)

View Item View Item