Implementasi Pendidikan Kesetaraan Pada Anak Papua Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring B Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak

Ulfa, Siti Zulia (2022) Implementasi Pendidikan Kesetaraan Pada Anak Papua Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring B Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan Kesetaraan yang ada di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring B Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak. Pertanyaan yang dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pendidikan Kesetaraann a di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) La Tansa hambatan dalam pendidikan keseteraan, serta upaya untuk mengatasi kendala dalam implemntasi pendidikan kesetaraan. Metode penelitan menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian yaitu Ketua PKBM La Tansa, dua tutor PKBM La Tansa, dan empat anak Papua yang mengikuti pendidikan kesetaraan. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi Pendidikan Kesetaraan Pada Anak Papua Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring B Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak yaitu pembelajaran dengan program Paket B dan C dilaksanakan seminggu tiga kali Materi yang diajarkan sesuai dengan kurikulum K13 sesuai dengan pelajaran yang ada pada uijian nasional. Bentuk evaluasi berupa tes tertulis dengan menjawab soal-soal materi selama satu semester. Selain ujian semester evaluasi dilakukan dengan memberi latihan soal harian dengan bentuk tes tertulis. 2) Ditemukan kendala implementasi pendidikan kesetaraan yaitu sarana prasana dan Kurangnya motivasi anak Papua 3) Upaya yang dilakukan PKBM, terhadap kendala dalam implementasi pendidikan kesetaraan dengan pemenuhan fasilitas sarana prasarana, memberikan motivasi pada anak papua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesetaraan, Anak Papua, PKBM.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:22
Last Modified: 17 Mar 2022 06:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item