Aji, Muhamad Ali Sofyan (2022) Layanan Home Visit Dalam Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring (Studi Kasus di SMPN 1 Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (723kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (254kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya motivasi belajar peserta didik sebagai salah satu dampak dari pembelajaran daring di Indonesia, khususnya di SMPN 1 Jekulo. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui motivasi belajar siswa dimasa pembelajaran daring, mengetahui pelaksanaan Home Visit serta hambatan dalam pelaksanaan Home Visit oleh guru BK SMPN 1 Jekulo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalu observasi, wawancara serta dokumentasi berdasarkan aspek rumusan masalah. Adapun subyek penelitian terdiri dari guru BK, siswa serta orang tua siswa di SMPN 1 Jekulo yang telah menerima layanan Home Visit dari pihak sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa bentuk penurunan motivasi belajar siswa SMPN 1 Jekulo yakni siswa merasa bosan, jenuh dan tidak semangat hadir dalam kelas daring. Selain itu siswa jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru serta siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Kemudian bentuk pelaksanaan Home Visit dimulai dari proses identifikasi masalah siswa selama pelaksanaan daring oleh guru kelas dan guru pengampu mata pelajaran, kemudian guru BK melakukan riset data siswa dan membuat jadwal kunjungan kerumah siswa. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan kunjungan, guru BK melakukan komunikasi mendalam dan menjalin komitmen bersama orang tua siswa agar ikut andil dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dimasa pembelajaran daring. Dalam pelaksanaanya guru BK mengalami beberapa hambatan yang mengakibatkan layanan home visit tidak berjalan secara maksimal. Diantaranya tidak adanya komunikasi antara guru dengan orang tua siswa terkait jadwal pelaksanaan kunjungan kerumah siswa, sehingga terkadang terdapat orang tua yang tidak dapat ditemui saat pelaksanan Home Visit. Namun secara keseluruhan, pelaksanaan layanan home visit di SMPN 1 Jekulo mampu menunjukkan perubahan positif terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa dimasa pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Home Visit, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:56 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |