Sa’diyyah, Faridatus (2022) Pengaruh Metode Hafalan dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda Wonosalam Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (419kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (512kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (775kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (826kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif tentang pengaruh metode hafalan dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda Wonosalam Demak. Dikembangkan dalam tiga permasalahan pokok yaitu apakah metode hafalan mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda, apakah minat belajar mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda, apakah metode hafalan dan minat belajara mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Disproporsional Stratified Random Sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 72 responden yaitu peserta didik di MTs NU 03 Sabilul Huda Wonosalam Demak dengan mengambil sampel dari kelas VII-IX. Untuk kelas VII berjumlah 22 responden, kelas VIII dengan 25 responden dan kelas IX berjumlah 25 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel independen, dokumentasi untuk variabel dependen, observasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan dan interview dilakukan sebagai bentuk dari kegiatan pra penelitian yaitu dengan mencari informasi awal untuk mengetahui fenomena yang terjadi di lingkungan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode hafalan terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda Wonosalam Demak, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (2,793>1,994) (p=0,007<0,05) dengan tingkat koefisien regresi sebesar 0,246, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan juga antara minat belajar terhadap hasil belajar hal tersebut ditunjukkan dengan Thitung lebih besar dari Ttabel (5,768>1,994) (p=0,000<0,05) dengan tingkat koefisien regresi sebesar 0,283 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Terakhir, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pula dalam analisis yang dilakukan secara simultan antara metode hafalan dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU 03 Sabilul Huda Wonosalam Demak ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (54,219>3,980) (p=0,000<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan besar pengaruh 0,611 atau 61,1% dimana sisanya 38,9% yaitu faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata yang didapat selama satu semester yaitu 84 di atas nilai KKM yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hafalan, Minat Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:34 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6850 |
Actions (login required)
View Item |