Implementasi Program Unggulan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara

Fatmawati, Ade Irma (2022) Implementasi Program Unggulan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Program unggulan adalah kegiatan terbaik yang telah direncanakan dan dilaksanakan di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai religius peserta didik. Nilai-nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan perpertumbuhan dan perkembangan kehidupan beragama yang meliputi aqidah, ibadah dan akhlak. Melalui program unggulan tersebut diharapkan nilai-nilai religius dapat tertanam pada diri peserta didik. Yang mana peserta didik saat ini masih banyak yang berperilaku menyimpang. Oleh karena itu perlu adanya upaya penanaman nilai religius bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui macam-macam program unggulan dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara, 2) mengetahui implementasi program unggulan dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara. 3) Untuk mengetahui implikasi penanaman nilai-nilai religius peserta didik di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini yaitu penerapan program un ggulan dalam menanamkan nilai-nilai regius peserta didik di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif, subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah sekolah MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara, guru sekaligus pembina kegiatan keagamaan dan peserta didik. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam program unggulan di MTs Hasan Kafrawi 2 Pancur Mayong Jepara meliputi membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur’an surat-surat pilihan, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, istighosah dan ziarah kubur. Adapun dalam pelaksanaan program unggulan tersebut, metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan. Berbagai macam kegiatan tersebut terdapat nilai-nilai religius yang terkandung didalamnya, yaitu nilai ibadah, melalui kegiatan sholat dhuhur, sholat dhuha berjamaah, tadarus Al-qur’an, istighosah, dan membaca Asmaul husna. Nilai ruhul jihad dilihat dari peserta didik yang bersungguh-sungguh dalam mengikuti ujian menghafal surat-surat pilihan dalam Al-qur’an. Nilai akhlak dilihat dari peserta didik yang sopan santun, mengerjakan tugas dengan baik, berpenampilan yang baik dan menghormati guru. Nilai ikhlas dilihat dari peserta didik yang selalu mengikuti berbagai macam kegiatan yang ada. Dan nilai disiplin dilihat dari peserta didik yang tepat waktu dalam mengikuti kegiatan baik sebelum maupun sesudah proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Unggulan, Nilai Religius, Peserta Didik
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:50
Last Modified: 21 Mar 2022 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6862

Actions (login required)

View Item View Item