Basyari, Ahmad Faqih (2022) Problematika Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Fiqih di MTs Nu Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (531kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (263kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (423kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Pembelajaran daring dapat menggunakan teknologi digital dengan berbagai media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar melalui sistem daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan ini menimbulkan berbagai problem atau masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar, khususnya mata pelajaran Fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fiqih di MTs Nu Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 2) Untuk mengetahui problematika pembelajaran daring mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 3) Untuk mengetahui bagaimana pemecahan problematika pembelajaran daring mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas XII dan dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fiqih mencakup tiga tahap yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran 2) Pelaksanaan pembelajaran dan 3) Evaluasi. Kedua, problematika pembelajaran daring mata pelajaran fiqih yang dialami MTs Nu Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus adalah: 1) Perbedaan tingkat pemahaman peserta didik 2) Keterbatasan sarana prasarana 3) Keterbatasan guru dalam penggunaan media pembelajaran daring 4) Kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tiga, pemecahan problematika pembelajaran daring mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus adalah : 1) Membuat rancangan pembelajaran yang mudah dipahami dan mengadakan umpan balik 2) Menyediakan sarana prasana dalam melaksanakan pembelajaran daring 3) Mengadakan pelatihan terkait penguasaan media pembelajaran 4) Memberikan pesan moral dalam mengikuti pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Fiqih |
Subjects: | Fiqih Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:15 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6871 |
Actions (login required)
View Item |