Nisa’, Lifia Khoirin (2022) Pengaruh Model Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTARK.pdf Download (278kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (768kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (606kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (710kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (873kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (607kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: pertama, untuk mengetahui penerapan penggunaan model kooperatif picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Kedua, untuk mengetahui hasil pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Designs. Desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran menggunakan model picture and picture berlangsung dengan kondusif. 2) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model picture and picture terdapat siswa yang nilainya dalam kategori rendah sebanyak 11 siswa dan setelah menggunakan model picture and picture tidak ada siswa yang nilainya dalam kategori rendah. Artinya hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model picture and picture lebih baik dari hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan thitung > ttabel = 9.480 > 2.069. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan model picture and picture pada mata pelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V MI NU Tarsyidut Thullab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Picture and Picture, hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:19 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6872 |
Actions (login required)
View Item |