Pengaruh Model Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI NU Tarsyidut Thullab

Nisa’, Lifia Khoirin (2022) Pengaruh Model Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTARK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (768kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (710kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: pertama, untuk mengetahui penerapan penggunaan model kooperatif picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Kedua, untuk mengetahui hasil pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Designs. Desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Tarsyidut Thullab. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran menggunakan model picture and picture berlangsung dengan kondusif. 2) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model picture and picture terdapat siswa yang nilainya dalam kategori rendah sebanyak 11 siswa dan setelah menggunakan model picture and picture tidak ada siswa yang nilainya dalam kategori rendah. Artinya hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model picture and picture lebih baik dari hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan thitung > ttabel = 9.480 > 2.069. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan model picture and picture pada mata pelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V MI NU Tarsyidut Thullab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:19
Last Modified: 21 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item