Rohmah, Siti Noviya (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (456kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (585kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (709kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Peran Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2021. (2)Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2021. (3)Faktor Penghambat dan Pendukung dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualititatif. Peniliti mengambil lokasi di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, tringulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran guru PAI dalam membentuk karakter kedisiplinan, sudah berjalan dengan baik dan profesional dalam melaksanakan perannya sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai pemimpin, sebagai pengasuh, sebagai motivator sebagai suri teladan dan sebagai evaluator. (2) Peran Guru PAI Dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di MTs Abadiyah sudah berjalan dengan baik yang pertama guru PAI memberikan pengajaran secara terus menerus, kedua guru PAI memberikan nasihat, ketiga guru PAI menjadi suri teladan, keempat guru PAI memberikan hukuman dan penghargaan, kelima guru PAI melakukan kerjasama dengan orang tua peserta didik. Karena dengan adanya kerjasama ini mampu membentuk karakter kedisiplinan peserta didik lebih baik lagi. Pembentukan karakter kedisiplinan di kemas melalui kegiatan madrasah adanya absensi, tersedianya buku pribadi siswa dan di biasakan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. (3) Faktor Penghambat, faktor internal, meliputi kurangnya komitmen guru, faktor malas dari dalam diri peserta didik, dan kurangnya pemahaman peserta didik. Faktor eksternal meliputi: terdapat beberapa sarana dan prasarana yang perlu dievaluasi, lingkungan madrasah brmum kondusif. Faktor Pendukung dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik meliputi pengawasan dan penegakan aturan yang konsisten, keteladanan dari guru, motivasi dan fasilitas yang mendukung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru pendidikan agama islam, membentuk karakter kedisiplinan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 06:50 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 06:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6915 |
Actions (login required)
View Item |