Nofianti, Maemonah (2022) Penerapan Metode Bercerita melalui Boneka tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (90kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (142kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (95kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (383kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf Download (74kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Pati, 2) Mendiskripsikan kendala dalam penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Pati, 3)Solusi dalam mengatasi kendala penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kepala sekolah, pendidik, dan anak didik sedangkan data skunder diperoleh dari dokumen lembaga. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti adalah: 1) Penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Pati.Pendidik mengajarkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita melalui boneka tangan. Dengan menggunakan metode bercerita melalui boneka tangan menempuh beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode ini merupakan salah satu model pembelajaran yang menarik dan meningkatkan kepercayaan diri serta imajinasi pada anak. 2) Kendala dalam penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Patiada 2 yaitu dari dalam diri anak/individu, seperti anak kurang fokus dalam pembelajaran dan sebagian ada anak yang masih malu dan takut ketika disuruh untuk bercerita didepan. Sedangkan kendala yang kedua adalah dari luar individu anak, seperti keterbatasan waktu, media yang terbatas, dan tempat yang kurang kondusif. 3) Solusi dalam mengatasi kendala penerapan metode bercerita melalui boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA Miftahul Huda Triguno Pucakwangi Patiadalah pendidik dapat memberikan pengertian pada anak dan menggunakan waktu dan tempat dengan senyaman dan semenarik mungkin agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 08:33 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 08:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6918 |
Actions (login required)
View Item |