Pembelajaran Remedial Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp I Datuksingaraja Jepara

HUSAINI, MUHAMMAD (2021) Pembelajaran Remedial Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp I Datuksingaraja Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (451kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Pembelajaran Remedial merupakan solusi untuk membantu siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) karena dalam sistem penilaian acuan kriteria berasumsi bahwa hampir semua orang bisa belajar apa saja namun dengan waktu yang berbeda. Tujuan utama diadakannya program remedial adalah untuk membantu siswa yang berkesulitan belajar agar mencapai tujuan pengajaran semaksimal mungkin, dengan efektif dan efisien. Di samping itu, dengan adanya program remedial ini guru dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan mengajarnya atau menyampaikan bahan pelajaran yang dirasa masih kurang dan/atau terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran remedial dan upaya mengatasi masalah kesulitan belajar, untuk mengetahui factor pendorong dan penghambat pelaksanaan pembelajaran remedial, dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran remedial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). penelitian lapangan dilakukan dalam kehidupan sebenarnya dan bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif deskriptif, artinya hanya bersifat mendeskripsikan makna data atau fenomena yang dapat ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-buktinya. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drowing/verification. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan program remidial mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP I Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara belum terlaksana dengan baik, sebab guru hanya langsung memberikan soal ulangan tanpa terlebih dahulu memberikan pembelajaran ulang kepada peserta didik. 2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat terlaksananya program remedial mata pelajara PAI kelas VIII di SMP I Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. a) Faktor pendukungnya adalah keinginan yang kuat dari siswa untuk melakukan kegiatan remedial. b) Faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu yang ada untuk melakukan kegiatan remedial. Hasil dari pelaksanaan program remedial mata pelajaran PAI VIII di SMP I Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara ialah hasil belajar peserta didik meningkat, walaupun tidak semua nilai peserta didik meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Remedial, Kesulitan Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:06
Last Modified: 28 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item