Muktiani, Janatin (2017) IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN NONTES MELALUI TEKNIK OBSERVASI SISTEMATIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH DESA LENGKONG KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (958kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (968kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (883kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (920kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (872kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (872kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi evaluasi pembelajaran nontes melalui teknik observasi sistematik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi evaluasi pembelajaran nontes melalui teknik observasi sistematik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, dapendability dan konfirmability. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Implementasi evaluasi pembelajaran nontes melalui teknik observasi sistematik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati merupakan suatu proses kegiatan yang sistematis, berkelanjutan, sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran nontes melalui teknik observasi sistematik, peserta didik diminta untuk mendiskusikan salah satu materi. Kemudian menunjuk salah satu kelompok diskusi untuk mempresentasikan diskusinya. Tanpa sepengetahuan peserta didik, guru menilai kegiatan peserta didik sesuai pedoman observasi yaitu kemampuan peserta didik dalam menyampaikan komentar atau gagasan, kemampuan memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain, kemampuan notulen dalam menjawab, meringkas hasil diskusi, menghargai pendapat orang lain dan tanggung jawab sebagai audien. Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menerima materi pembelajaran serta dapat mengaplikasikan materi tersebut dalam bentuk sebuah diskusi. (2) Faktor pendukung evaluasi pembelajaran nontes melalui teknik observasi sistematik selama ini yaitu keterampilan dan pengetahuan guru dalam evaluasi pembelajaran nontes, peserta didik yang antusias dan bersemangat dalam kegiatan diskusi. Sedangkan faktor penghambat dari faktor internal yaitu Peserta didik yang ramai pada saat kegiatan pembelajaran, peserta didik masih canggung dalam bertanya pada kegiatan diskusi, kurangnya perhatian peserta didik dalm kegiatan pembelajaran, Peserta didik tidak mau mencari media atau (pasif) dalam menunjang kegiatan pembelajaran. sedangkan faktor eksternalnya situasi dan kondisi kelas yang sangat panas, keterbatasan waktu dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan evaluasi,dan keterbatasan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Feb 2017 02:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2017 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/695 |
Actions (login required)
View Item |