Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Aktif Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Khosia, Nur Afiyatul (2022) Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Aktif Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (753kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil belajar siswa & Kemandirian belajar siswa dengan menggunakan media Audio Visual Berbasis Google Classroom pada materi sistem pencernaan di kelas XI. IPA MA. Safinatul Huda Sowan Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen atau percobaan dengan menggunakan metode Pre-experiment design dengan model One Goup Pre-tes & Post-tes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode soal Pre-tes & Post-tes, Quesioner atau angket sebagai bahan evaluasi. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di MA. Safinatul Huda Sowan Kidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Audio Visual berbasis Google Classroom ini berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebelum pelaksanaan guru (peneliti) merencanakan atau mempersiapkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan hasil yang diharapkan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual berbasis Google Classroom ini juga sudah berjalan dengan baik dan efektif diterapkan. Evaluasi pembelajaran ini dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan soal (Pre-tes & Post-tes) untuk hasil belajar siswa, dan angket untuk kemandirian belajar siswa. Hambatan-hambatan yang yang terjadi dalam penelitian ini adalah waktu pembelajaran yang kurang maksimal karena terjadi perubahan jam belajar dampak covid-19, biaya yang relatif mahal jika digunakan untuk mendownlod media pembelajaran, dan jaringan internet yang kurang memadai. Berdasarkan uraian diatas upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut adalah perbaikan jam belajar yang lebih maksimal, perbaikan biaya internet dan jaringan internet yang lebih memadai. Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Berbasis Google Classroom ini berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2022 08:02
Last Modified: 10 May 2022 08:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6960

Actions (login required)

View Item View Item