Chotimah, Zuniarti (2022) Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Peserta didik Kelas V di MI NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (563kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (203kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (565kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring peserta didik kelas V di MI NU Nurul Huda Kudus, 2) Untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran daring yang dihadapi orang tua peserta didik kelas V di MI NU Nurul Huda Kudus, 3) Untuk mengetahui pengembangan ranah afektif selama pembelajaran daring peserta didik kelas V di MI NU Nurul Huda Kudus. Pendekatan penelitian ini menggunakan “Deskriptif Kualitatif”, teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan Miles and Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Peran pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring peserta didik kelas V di MI NU Nurul Huda Kudus meliputi: orang tua memberikan pendampingan, bimbingan serta pendampingan belajar di rumah, memantau aplikasi whatsapp group untuk menerima pembelajaran dari guru, memberlakukan sikap disiplin belajar, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas dan memberikan tanggungjawab sebagai seorang peserta didik.2) Kendala yang dihadapi orang tua selama pembelajaran daring meliputi: materi pembelajaran yang sulit bagi orang tua yang mendampingi anak ketika belajar, pengeluaran kuota internet yang semakin banyak, dan sikap anak ketika belajar di rumah tidak dapat disiplin karena anak merasa bahwa sekolah libur akibat pandemi Covid-19. 3) Pengembangan ranah afektif peserta didik selama pembelajaran daring menurut hasil penelitian peserta didik yang diberikan pendampingan dan bimbingan secara ekstra oleh orang tua memiliki sikap yang meningkat dan stabil, sedangkan peserta didik yang kurang diperhatikan orang tua memiliki sikap yang cenderung menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, dan Pengembangan ranah afektif |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 May 2022 08:11 |
Last Modified: | 10 May 2022 08:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6962 |
Actions (login required)
View Item |