Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Matematika SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Ummah, Ema Dwi Rohmatul (2022) Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Matematika SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (666kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (679kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (696kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (935kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran daring merupakan proses analisis terhadap kualitas suatu pembelajaran berbasis online yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini guna menjelaskan kondisi apa adanya mengenai proses evaluasi pembelajaran daring matematika pada tingkat SMK, serta faktor pendukung dan penghambat evaluasi pembelajaran daring. Penelitian ini yaitu bersifat penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan dengan terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data mengenai proses evaluasi pembelajaran matematika di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Peneliti meneliti objek secara langsung. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan peneliti yaitu pendekatan etnografi dimana peneliti juga ikut berpartisipasi selama proses penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 3 partisipan yaitu kepala sekolah, guru matematika, dan peserta didik. Observasi dilakukan dengan observasi partisipatif dengan peneliti ikut partisipasi dalam pelaksanaan evaluasi. Peneliti dan guru berkolaborasi dalam menyusun soal yang disesuaikan dengan program keahlian, dan diberikan melalui Google Form. Dokumentasi dengan mengambil data-data yang ada. Semua data yang ada dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan mereduksi data mengenai evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran matematika SMK yang meliputi jenis, teknik, tujuan yang akan dicapai, penyusunan instrumen, pengujian, pengukuran, penilaian, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat evaluasi pembelajaran. Penyajian data meliputi perencanaan, pelaksanaan, hasil evaluasi dan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran daring matematika SMK dilaksanakan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan Google Form. Penyusunan soal yang diberikan disesuaikan dengan program keahlian. Berdasarkan data administrasi, nilai yang didapatkan selama pembelajaran daring naik secara signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM. Namun jika dilihat dari segi kemandirian peserta didik masih kurang. Terdapat faktor pendukung evaluasi pembelajaran daring yaitu peserta didik SMK jurusan TKJ tidak asing dengan penggunaan media belajar secara online. Kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring yaitu guru tidak dapat memantau peserta didik secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Daring, Matematika, SMK
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 May 2022 02:05
Last Modified: 12 May 2022 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item View Item