Darliana, Annisa’ Ulinnuha (2022) Studi Analisis Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI NU Matholi’ul Falah Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (479kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (547kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (434kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (361kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dari minimnya peran orang tua dalam pengawasan dan pendampingan dalam proses belajar anak saat pembelajaran jarak jauh. Hal ini menunjukkan bahwa anak menjadi malas serta lalai dengan kewajibannya. Sehingga mengakibatkan menurunnya minat belajar anak pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui proses pembelajaran jarak jauh yang ada di MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. 2) Mengidentifikasi minat belajar anak pada pembelajaran jarak jauh di MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. 3) Meninjau peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak pada pembelajaran jarak jauh di MI NU Matholi’ul Falah Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi yaitu dengan 2 macam, observasi partisipatif dan non partisipatif. kemudian wawancara dengan 3 macam, terstruktur, tak terstruktur, semi struktur dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak diantaranya, orang tua sebagai pengawas dan pemberi fasilitas belajar anak. Orang tua sebagai pendamping dan pemberi bimbingan belajar kepada anak, kemudian orang tua sebagai pemerhati anak dan mengontrol aktivitas belajar anak. 2) Minat belajar anak pada pembelajaran jarak jauh diantaranya, anak antusias mengikuti pembelajaran jarak jauh karena dibekali fasilitas yang memadai, anak tidak menyukai pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan fasilitas yang kurang memadai, anak antusias dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh karena didampingi dan diarahkan oleh orang tua. 3) Pembelajaran di MI NU Matholi’ul Falah dilaksanakan dengan sistem jarak jauh. Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp grup yang secara langsung dipantau oleh kepala madrasah, guru pengampu dan wali peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Minat belajar dan Pembelajaran Jarak jauh |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2022 01:37 |
Last Modified: | 18 May 2022 01:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7005 |
Actions (login required)
View Item |