Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABD) Kelas V SD Mulyorejo 02 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022

Sholikhatun, Siti (2022) Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABD) Kelas V SD Mulyorejo 02 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti (PABD) kelas V SD Mulyorejo 02 Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis Pendekatan Kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif dengan Guru Mata Pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mulyorejo 02 Tahun Ajaran 2020/2021 yang beralamat di jalan Lengkong No.5 Demak pada bulan Agustus 2021. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V, Guru Mata Pelajaran, WAKA kurikulum SD Mulyorejo 02 Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawncara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan konten alalisis dengan hasil observasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat kegiatan perencanaan Guru sudah membuat rancangan dengan bentuk group WA, sosialisasi dilakukan pada guru dan orang tua berjalan dengan baik, Perencanaan Pembelajaran mengacu pada silabus dan RPP sesuai buku pegangan siswa, buku panduan dari Kemendikbud. Tahap pelaksanaan Evaluasi pembelajaran dilakukan sama seperti evaluasi pembelajaran di sekolah reguler terdapat latihan, tugas, UTS, dan UAS yang dilakukan secara Online melalui LMS SIAJAR. Dalam penelitian ditemukan beberapa faktor penghambat dalam pembelajaran. Pelaksanaan mengacu pada himbauan pemerintah, mengacu pada RPP, tehnologi yang digunakan secara online dan tatap muka, keuntungan dari model ini siswa jadi lebih aktif, kendala yang dialami pendidikan orang tua yang mayoritas SD, serta kendala berkaitan dengan kuota data dan jaringan internet. Skema pembelajaran dengan mengedepankan kesehatan pencegahan penularan covid 19. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian dari tugas siswa yang dikumpulkan serta keaktifan siswa pada saat daring. Feetback yang diberikan guru masih susah untuk disampaikan pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Blended Learning, Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti (PABD)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 01:45
Last Modified: 19 May 2022 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item