Identifikasi kesulitan pengucapan Makhorijul Huruf di Pondok Pesantren Ma’had Al‘Ulumis Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus

Anggriawan, Akhmad Ferry (2022) Identifikasi kesulitan pengucapan Makhorijul Huruf di Pondok Pesantren Ma’had Al‘Ulumis Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (540kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (735kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (566kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (633kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) praktek kegiatan musyafahah al qur’an di Pondok Pesantren Ma’had Al‘Ulumis Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus (2) untuk mengetahui kesulitan pengucapan Makhorijul Huruf yang dialami oleh santri di Pondok Pesantren Ma’had Al‘Ulumis Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an Putra Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 41 orang yang terdiri dari 3 guru musyafahah Al Qu’an dan 38 santri dari kelas musyafahah tingkat Yanbu’a kelas A sebanyak 18 santri dan kelas B sebanyak 20 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para santri mempunyai kesulitan yang berbeda-beda dalam pengucapan makhorijul huruf. Makhorijul huruf yang tingkat kesulitannya di atas 50 persen yaitu terdapat dalam makhraj huruf ض, ع, ذ, ج, ه dan yang paling mudah diucapkan terdapat dalam makhraj huruf أ ل, م, ن, ,ي. Faktor-faktor penyebab siswa kesulitan belajar membaca Al-Qur’an ada dua, yakni faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern diantaranya santri kurang memiliki semangat dan motivasi dari dalam diri untuk bisa membaca Al- Qur’an, lidah siswa yang kaku ketika mengucapkan huruf-huruf hijaiyah. Faktor ekstern diantaranya yaitu pendidikan dalam keluarga, latar belakang sekolah dasar yang tidak mewajibkan siswanya bisa membaca Al-Qur’an, pengaruh pergaulan dengan teman, baik di sekolah maupun di rumah, waktu kegiatan musyafahah Al Qur’an yang singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Kesulitan, Makhorijul Huruf, Membaca Al Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:08
Last Modified: 19 May 2022 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7019

Actions (login required)

View Item View Item