Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara

Riyadhoh, Ainur (2022) Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (700kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (606kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh beberapa temuan yaitu 1) Dapat mendiskripsikan motivasi belajar siswa kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. 2) Dapat mendiskripsikan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara, 3) Mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk memperoleh signifikansi hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V MI Zumrotul Wildan Ngabul Jepara yang diambil dari populasi yang representative (mewakili). Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa cenderung memiliki motivasi belajar dalam kategori sedang yaitu sebesar 64% atau 14 siswa. 2) Hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika cenderung memilki hasil belajar kognitif dalam kategoti sedang yaitu sebesar 67% atau 15 siswa. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif matematika, ditunjukkan dari hasil pengujian melalui Product Moment bahwa nilai rhitung 0,600 > rtabel 0,423 dan nilai sig. 0,03 lebih kecil daripada 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2022 02:27
Last Modified: 20 May 2022 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item