Penanaman nilai-nilai Moderasi Islam melalui Pembelajaran Muhadhoroh di Pondok Pesantren Darul Mubarok Jeekulo Kudus

l Qowim, Abdul (2022) Penanaman nilai-nilai Moderasi Islam melalui Pembelajaran Muhadhoroh di Pondok Pesantren Darul Mubarok Jeekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (909kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (456kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari kesulitan santri dalam berkomunikasi didepan umum. Pasalnya, peran santri didalam masyarakat sangat dibutuhkan, terutama dalam bidang keagamaan. Sehingga menuntut santri untuk mahir berbicara didepan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) proses pelaksanaan pembelajaran muhadhoroh di pondok pesantren Darul Mubarok, 2) faktor-faktor yang terdapat dalam penanaman nilai-nilai moderasi Islam melalui pembelajaran muhadhoroh di pondok pesantren Darul Mubarok, 3) Bentuk-bentuk penanaman nilai-nilai moderasi Islam melalui pembelajaran muhadhoroh dalam perspektif IPS di pondok pesantren Darul Mubarok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (filed research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian, pengamatan, dan berperan serta di pondok pesantren Darul Mubarok Jekulo Kudus. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang fakta tentang nilai-nilai moderasi Islam yang tertuang melalui pembelajaran muhadhoroh. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan Hasil dari penelitan ini adalah 1) Tahapan-tahapan ketentuannya, setiap kelompok diharuskan mengumpulkan teks yang sudah dibuat dua hari sebelum pembelajaran dimulai, pada pelaksanaannya diawali dengan pembukaan, lalu pemaparan materi. Setelah itu sesi tanya jawab. Terakhir akan disimpulkan sekalian penutup, 2) faktor-faktornya ada dua, pendukung (internal; motifasi belajar dan intelegensi santri, eksternal; hadiah, sesi tanya jawab, lingkungan) dan penghambat (internal; kurang percaya diri, tidur dan eksternal; waktu, mengodisikan audien, alat bantu), 3) Dari hal tersebut pembelajara muhadhoroh dalam Perspektif IPS yang berada di pondok pesantren Darul Mubarok memperoleh, Memudahkan santri dalam sosialisasi atau berhubungan social, Mendorong santri agar percaya diri, Mendorong santri untuk bekerjasama atau saling gotong royong, Mendorong santri untuk tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 May 2022 02:41
Last Modified: 23 May 2022 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item