Riyandi, Ana Fadhillah (2022) Kreativitas Mengajar Guru Pada Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Kelas IX Di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (442kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (680kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
Abstract
Kreativitas mengajar guru pada masa pandemi sangatlah penting karena pada masa pandemi guru dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan kreativitasnya dengan memanfaatkan metode dan media pembelajaran dengan jarak jauh. Skripsi ini bertujuan: 1) menjelaskan deskripsi tentang kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran fiqih kelas IX di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 2) menjelaskan deskripsi tentang kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran fiqih kelas IX di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru fiqih dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Kelas IX di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Teknik penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara dengan guru fiqih kelas IX, kepala sekolah, serta 7 siswa-siswi kelas IX, observasi dengan mengamati kegiatan pembelajaran fiqih ketika disekolah pada saat pandemi, serta dokumentasi terhadap data-data yang terkait. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: 1) kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran fiqih yaitu dengan menggunakan metode daring atau pembelajaran jarak jauh yang diakses melalui handhphone dengan dengan memadukan metode ceramah, diskusi, serta metode pemecahan masalah 2) kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran fiqih dengan menggunakan IT yaitu dengan mengakses pembelajaran dengan menggunakan handphone melalui aplikasi chat atau pesan suara di whatsapp,pembelajaran serta tanya jawab di google classroom, pengisian daftar hadir melalui google form, dan mempraktikan suatu materi dengan melihat youtube yang sudah disiapkan oleh guru, 3) faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih kelas IX. Faktor pendukunya adalah: fasilitas kuota, fasilitas buku paket dan LKS, dukungan dan semangat yang diberikan guru serta orang tua, kreativitas guru dalam mengembangkan serta mengkreasikan metode serta media pembelajaran, memudahkan guru dalam mengakses melalui gawai dan menyingkat waktu mengajar. Faktor penghambatnya adalah: sinyal yang tidak stabil karena berada didaerah pegunungan, data dan memori handphone yang sedikit sehingga tidak memadahi untuk memuat data yang banyak, kondisi financial keluarga siswa, siswa malasmengerjakan tugas dari guru dan siswa sulit memahami materi karena belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas mengajar guru, masa pandemi, meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:53 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7054 |
Actions (login required)
View Item |