Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Online di Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2021 bagi Peserta Didik MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus

Khanuna, Liyan (2022) Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Online di Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2021 bagi Peserta Didik MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (713kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui adanya problem atau permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas VI selama pembelajaran secara online/daring pada mata pelajaran Bahasa Arab yang diterapkan oleh MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. 2) Untuk mengetahui bagaimana terobosan metode dan model pembelajaran secara daring melalui pemanfaatan media online dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus pada masa pandemi Covid-19. 3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Online di masa pandemi Covid-19 tahun 2021 bagi peserta didik kelas VI di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MI NU Imaduddin Mejobo Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru bahasa Arab, wali murid dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi pasif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Metode analisis data yang di gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu : 1. Kondisi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus menunjukkan bahwa kondisi peserta didik selama pembelajaran secara online, peserta didik merasa sangat senang dikarenakan beberapa hal, diantaranya a) waktu dan tempat lebih fleksibel, b) ketika dalam penugasan, anak anak dapat langsung melihat nilainya muncul. 2. Upaya Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Kelas VI pada Mata Pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus pada Masa Pandemi Covid-19, yaitu a) pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan situasi masa pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring dengan pemanfaatan media online, b) penyampaian pembelajaran bahasa Arab secara daring dilakukan dengan ringkas dan cukup jelas dipahami oleh peserta didik, c) sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran daring adalah melalui pemanfaatan media online seperti pemberian tugas melalui googleform, grup whatsapp, dan tetap memberikan buku fisik pedoman LKS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Media Online, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2022 02:12
Last Modified: 24 May 2022 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7061

Actions (login required)

View Item View Item