Haryanto, Sigit (2022) Pendekatan Behavioristik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII MA Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi, Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (800kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (459kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (680kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
Pendekatan dalam pembelajaran dianggap kurang bisa mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi “prestasi” dan “nilai”. Yakni tekad untuk melaksanakan penerapan pendekatan behavioristik perlu dilakukan persiapan yang baik agar nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada kehidupan sehari-hari mampu diaplikasikan. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pendekatan behavioristik dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran akidah akhlak. (2) Mengetahui peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui penerapan pendekatan behavioristik. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendekatan behavioristik pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Metode wawancara dan dukmentasi digunakan untuk menggali data tentang metode, langkah-langkah, faktor pendukung dan penghambat, serta Implikasi pendekatan behavioristik dalam proses pembelajajaran dalam mata pelajaran akidah akhlak, sedangkan Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pendekatan behavioristik dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran akidah akhlak di MA Tarbiyatul Islamiyah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pendekatan behavioristik dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran akidah akhlak yaitu langkah pesiapan, langkah penyajian materi, langkah menghubungkan dan evaluasi. (2) Implikasi dari peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui penerapan pendekatan behavioristik siswa adalah pemahaman terhadap materi yang diajarkan semakin membaik hal itu ditandai dengan hasil nilai siswa banyak yang meningkat, kemampuan berpartisipasi anak semakin aktif dan peningkatan terhadap kedisiplinan, kejujuran serta motivasi belajar dan kecepatan anak dalam merespon dan menirukan serta mempraktekkan apa yang telah diajarkan gurunya baik di dalam kelas maupun di luar kelas. (3) Faktor pendukung didominasi oleh faktor internal pada diri siswa dan faktor eksternal yaitu dari aturan sekolah dan sedikitnya waktu yang dibutuhkan, sedangkan faktor penghambat terjadi karena pembelajaran berpusat pada guru (teacher center), siswa sangat dibatasi kreatifitas, produktifitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Behavioristik, Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:14 |
Last Modified: | 24 May 2022 02:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7062 |
Actions (login required)
View Item |