Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Etika Berbasis Kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dalam Interaksi Edukatif di MI Nahdlatussubban Demak

Khodijah, Nilazulfa (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Etika Berbasis Kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dalam Interaksi Edukatif di MI Nahdlatussubban Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (986kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan etika berbasis kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dalam interaksi edukatif di MI Nahdlatussubban Demak serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan etika berbasis kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dalam interaksi edukatif di MI Nahdlatussubban Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini mengambil objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussubban Karangtengah Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan etika berbasis kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dalam interaksi edukatif di MI Nahdlatussubban Demak melalui beberapa kegiatan seperti: sholat dzuhur berjama’ah, membaca al-qur’an, membaca asmaul husna, bersalaman di depan gerbang, mengucapkan salam, bertutur sapa dengan bahasa santun, tidak menaruh kitab/buku dilantai, merawat buku/kitab yang dipinjam dengan baik, mendengarkan pelajaran dengan tenang, tidak malu bertanya, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, meminjamkan barang yang dibutuhkan teman. Faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan etika berbasis kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dalam interaksi edukatif di MI Nahdlatussubban Demak, seperti: faktor pendidik, faktor peserta didik, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan etika berbasis kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dalam interaksi edukatif di MI Nahdlatussubban Demak, seperti: faktor pendidik, faktor peserta didik, faktor lingkungan, faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Etika, Kitab “Adabul ‘Alim Wal Muta’allim”
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2022 07:29
Last Modified: 25 May 2022 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item