IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB HILYATU AT- TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MUATAN LOKAL TAJWID DI MTS NU BANAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tahriza, Anda (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB HILYATU AT- TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MUATAN LOKAL TAJWID DI MTS NU BANAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
002. ABSTRAK.pdf

Download (986kB)
[img] Text
003. DAFTAR ISI.pdf

Download (969kB)
[img] Text
004. BAB I.pdf

Download (928kB)
[img] Text
005. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
006. BAB III.pdf

Download (900kB)
[img] Text
007. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
008. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
009. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muatan lokal tajwid di MTs NU Banat Kudus diterapkan untuk membantu peserta didik dalam menyempurnakan bacaannya dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah:(1) Untuk menjelaskan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs NU Banat Kudustahun pelajaran 2015/ 2016.(2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab Hilyatu At-Tilawah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada muatan lokal Tajwid di MTs NU Banat Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dan (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Hilyatu At-Tilawah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada muatan lokal tajwid di MTs NU Banat Kudus tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan ke dalam bentuk kata-kata. Jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research), sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara secara mendalam (In-depth interview), dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji Credibility (Validitas Internal) yang dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Kemampuan membaca Al- Qur’an siswa di MTs NU Banat Kudus sangat beragam, ada yang sudah lancar dan ada juga yang masih membutuhkan bimbingan khusus.(2) Implementasi pembelajaran muatan lokal tajwid di MTs NU Banat Kudus ini menggunakan kitab Hilyatu At-Tilawah sebagai media belajar. Dengan adanya kitab tersebut, peserta didik lebih mudah untuk mempelajari ilmu tajwid dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya sesuai dengan ilmu tajwid dengan baik dan benar.(3) Faktor pendukung dalam pembelajaran muatan lokal Tajwid ini dilihat dari faktor guru yang profesional, anak didik yang aktif, dan sarana prasarana yang memadai. Selain itu, juga ada faktor penghambatnya dilihat dari minimalis waktu pembelajaran, dan orang tua yang kurang memperhatikan anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Hilyatu At-Tilawah; Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa; Muatan Lokal Tajwid
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:25
Last Modified: 02 Dec 2016 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item