Nafisa, Nailul Muna Elvan (2022) Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Karakter Sesuai Kearifan Lokal Di TK Pertiwi Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (590kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (678kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (694kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (216kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian adalah inovasi pembelajaran dengan konsep karakter dengan pendekatan kearifan lokal untuk mengembangkan motorik dan kognitif anak. Dengan mengembangkan motorik dan kognitif dapat meningkatkan percaya diri anak dalam memecahkan masalah yang bermanfaat pada karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis karakter sesuai kearifan lokal di TK Pertiwi Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Inovasi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis karakter sesuai kearifan lokal di TK Pertiwi Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah TK Pertiwi Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data deskriptif dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Verifikasi (Conclution drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Inovasi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis karakter sesuai kearifan lokal di TK Pertiwi Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara adalah: a) Perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), dan Instrumen penilaian untuk melihat perkembangan anak. b) Pelaksanaan Pembelajaran dengan kegiatan permainan tradisional, lagu daerah, tradisi masyarakat jawa, kunjungan budaya dan pendidikan etika lalu lintas. Metode pembelajaran bercakap-cakap, demonstrasi, metode unjuk kerjadan metode bermain peran. Penilaian pembelajaran berbasis karakter sesuai kearifan budaya lokal untuk Pendidikan Anak Usia Dini adalah penilaian tersebut meliputi empat kriteria yaitu 1) BB (Belum Berkembang), 2) MB (Mulai Berkembang), 3) BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan 4) BSB (Berkembang Sangat Baik). Penilaian ini dilakukan secara sistematis yang diawali dengan pengamatan yang dilakukan setiap hari, pencatatan harian, penganalisaan data setiap bulan, dan rekap perkembangan setiap semester. 2) Faktor pendukungnya adalah: partisipasi warga sekolah, seperti kepala sekolah, guru, Pertemuan Orang tua Murid dan Guru, peraturan/norma sekolah. Faktor penghambatnya adalah: proses penilaian, Kendala dari dalam diri siswa, perkembangan teknologi yang semakin modern, pendanaan terbatas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Berbasis Karakter, Kearifan Lokal |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 May 2022 02:34 |
Last Modified: | 30 May 2022 02:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7115 |
Actions (login required)
View Item |