ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI MUATAN LOKAL TAHFIDZ DI SMP ISLAM TERPADU KHOLILIYAH WEDELAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fatimatuzaroh, Fatimatuzaroh (2016) ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI MUATAN LOKAL TAHFIDZ DI SMP ISLAM TERPADU KHOLILIYAH WEDELAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan Evaluasi Muatan Lokal Tahfidz merupakan salah satu pelajaran yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Wedelan Bangsri Jepara untuk menciptakan generasi yang turut menjaga keutuhan kitab suci Al-Qur’an dan menciptakan generasi yang berakhlaqul Qur’ani. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan evaluasi muatan lokal tahfidz di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Wedelan Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi muatan lokal tahfidz di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Wedelan Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan evaluasi muatan lokal tahfidz di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Wedelan Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpualan data meliputi: metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Adapun Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan Evaluasi Muatan Lokal Tahfidz telah disusun dan dijelaskan dalam buku prestasi belajar siswa. 2) Pelaksanaan Evaluasi Muatan Lokal Tahfidz sekaligus pembelajarannya menggunakan beberapa metode yakni Metode Individual, Klasikal dan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) sekaligus memberikan penlaian langsung di buku prestasi belajar siswa sesudah siswa menyetorkan hafalannya. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Evaluasi Muatan Lokal Tahfidz dipengaruhi oleh faktor internal (faktor dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (faktor dari luar siswa). Saran bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Agar dapat dijadikan rujukan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Muatan Lokal Tahfidz
Subjects: Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:51
Last Modified: 25 Feb 2017 04:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item