IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERPASANG PASANGAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS. ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN AJARAN 2015/2016.

Luthfi, Habib (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERPASANG PASANGAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS. ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Habib Luthfi, NIM. 111212, Implementasi Model Pembelajaran Berpasang- Pasangan dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Program Strata satu (S1) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kudus tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Berpasang-Pasangan dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model tersebut pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif, kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik, dan guru pada saat mengamati peserta didik, wawancara dengan sumber data (data primer) yaitu guru mapel Al-Qur’an Hadits kelas VIII, kepala Madrasah, dan peserta didik, serta data sekunder yakni karyawan dan staf akademika dan dokumentasi administrasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Berpasang-pasangan dalam meningkatakan Kecerdasan Intrapersonal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran berpasang-pasangan dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal peserta didik pada mapel Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati tahun ajaran 2015/2016 dilakukan sebagai bahan review atas materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Model pembelajaran berpasang-pasangan menggunakan dua bentuk, yakni model pembelajaran mencari pasangan (Make a Match) dan model pembelajaran bertukar pasangan. Sebelum pembelajaran, guru harus mempersiapkan beberapa persiapan yang akan digunakan selama pembelajaran, diantaranya: RPP, media pembelajaran dan prinsip-prinsip yang sesuai dengan situasi kondisi pembelajaran. Sedangkan langkah-langkah yang harus dipersiapkan guru selama pembelajaran adalah : Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir. 2) Faktor pendukung dari model pembelajaran berpasang-pasangan dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal peserta didik yang dilakukan oleh guru mapel Al-Qur’an Hadits kelas VIII tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari factor internal dan eksternal, diantaranya: fasilitas yang digunakan dengan perangkat media pembelajaran terkini, dukungan dari kepala madrasah, antusiasme dan intelegensi yang baik dari siswa, serta sebagian besar orang tua peserta didik yang mendukung penuh kebijakan madrasah. Sementara faktor yang menghambat juga terdiri dari faktor internal dan eksternal. Diantaranya adalah sebagian kecil peserta didik yang intelegensi dan antusiasme yang mulai berkurang, lingkungan peserta didik yang kurang mendukung, dan sebagian kecil wali murid yang kurang memperhatikan putra/putrinya karena masalah pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model;pembelajaran;Berpasang-pasangan;Al-Qur’an Hadits; Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Admin adm STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2017 04:32
Last Modified: 25 Feb 2017 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item