Model Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara

Niam, Misbakun (2022) Model Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (261kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan, faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran berbasis alam dan motivasi belajar siswa di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara. Subyek penelitian ini adalah Pemilik Yayasan, Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik dan Wali Murid. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan teknik data reduction, data display dan penarikan kesimpulan, penelitian ini berhasil memperoleh 3 temuan, yaitu : 1) pelaksanaan model pembelajaran berbasis alam di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara menggunakan kurikulum berbasis fitrah yaitu bagaimana seorang pendidik mampu merangsang dan mendorong tumbuhnya kecakapan hidup pada diri peserta didik, terdapat 4 fitrah yaitu fitrah keimanan, fitrah belajar, fitrah bakat dan fitrah seksualitas. Kemudian penggunaan metode experient learning atau action method yaitu pembelajaran berbasis pemngalaman artinya setiap siswa bisa praktik atau mengalami sendiri setiap materi pembelajaran atau pembelajaran berbasis pengalaman, lalu sumber belajar yang didapatkan dari alam dan adanya kegiatan yang mengkolaborasikan antara pembelajaran dengan kegiatan dialam seperti survival, susur sungai maksut dari kegiatan tersebut agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang ada di kelas sekaligus memperkenalkan siswa kepada alam. Kemudian pengembangat bakat yang dimiliki siswa antara lain menjahit, menghafal al qur’an, beternak, bertani, dan bakat yang lainya sesuai bakat yang dimiliki oleh anak. 2) factor yang mendukung pelaksanaan model pembelajaran berbasis alam di SMP Islam Kharima Nusantara yaitu keahlian guru dalam berkreatifitas, adanya boarding school dan letak geografis sekolah. Factor kendala dalam model pelaksanaan model pembelajaran berbasis alam yang ada di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara yaitu tingkat keinginan siswa untuk belajar yang berbeda antara satu sama lain, sarana dan prasaraan yang kurang memadai. 3) motivasi belajar siswa di SMP Islam kharima Nusantara Jepara yaitu peserta didik mempunyai motivasi belajar dan masih terdapat siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, dengan ditandai jika peserta didik memiliki 6 indicator motivasi belajar yaitu bosan terhadap tugas-tugas yang bentuknya rutin, ulet dalam mengadapi kesulitan, suka belajar secara mandiri, menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, senang mencari dan memecahkan masalah, dan tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya. Kemudian masih terdapat 2 indicator yang tidak dimiliki oleh peserta didik di SMP Islam Kharima Nusantara Jepara yaitu indikator dapat mempertahankan pendapatnya, dan tidak memiliki indicator ulet dalam menghadapi tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Alam, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:47
Last Modified: 03 Jun 2022 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item