Choiriyyah, Iftitahul (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TADRIJ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan metode tadrijpada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tadrij terhadap peningkatan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran alQur’an Hadits di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XII IPA dan XII IPS sebanyak 270 peserta didik. Kemudian diambil sampel sebesar 68 peserta didik yaitu kelas XII IPA 1 – XII IPS 3 tiap kelas diambil sebanyak 10 peserta didik, untuk kelas XII IPS 4 dan XII IPS 5tiap kelas diambil sebanyak 9peserta didik dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis regresi yaitu mencari pengaruh penggunaan metode tadrij terhadap peningkatan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MANU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan rumus korelasi productmoment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode tadrij memiliki nilai ratarata sebesar 49,35 dengan kategori baik. 2) Kemampuananalisissiswamempunyai rata-rata sebesar 77,41 dengankategoribaik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode tadrij terhadap peningkatan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2014/2015 terlihat dari nilai F hitung sebesar 41.673 dengan signifikansi 0.000 yang mempunyai persamaan regresi Ŷ = 21.302 + 1.137X dengan besaran pengaruh 38.7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tadrij; Peningkatan Kemampuan Analisis |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 04:32 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 04:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
View Item |