Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Siswa Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus kelas IV Di Sdn 04 Robayan Jepara)

Lestari, Wahyu Muji (2022) Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Siswa Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus kelas IV Di Sdn 04 Robayan Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana peran orang tua dalam penggunaan gadget siswa sebagai sarana pembelajaran dimasa pandemi covid-19, (2) Bagaimana keseulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di SDN 04 Robayan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas, orang tua dan siswa SDN Robayan Kalinyamatan Jepara. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredabilitas yang terdiri dari peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan, triangulasi serta menggunakan bahan refrensi. Sedangkan teknik analisi data terdiri dari data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukan (1) Peran orang tua serta guru dalam pembelajaran daring di SDN 04 Robayan memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa baik yang mempunyai gadget dan tidak, yang mempunyai gadget melakukan pembelajaran daring sesuai yang diberikan guru melalui aplikasi yang digunakan dan yang belom mempunyai gadget biasannya guru melakukan (home visit) datang kerumah siswa sambil menerangkan pembelajaran yang dilakukan. Kelebihan pembelajaran daring siswa dapat lebih mandiri (tidak bergantung pada guru), termasuk melakukan pencarian materi yang belum jelas sendiri. Lebih produktif dan terarah untuk menggunakan gadget. Selain itu otomatis anak juga akan menguasai teknologi informasi dengan sendirinya tentunya degan pengawasan orang tua. Pada saat pembelajaran daring berlangsung orang tua harus turun tangan sendiri dalam memberi pendampingan anak untuk belajar (2) Kesulitan yang dihadapi adalah awal pembelajaran daring guru serta orangtua belum siap akan penerapannya dilakukan karena pembelajaran daring yang dilakukan dadakan, pembelajaran daring juga harus memiliki kuota banyak. Meskipun pemerintah memberikan bantuan kuota belajar tetapi realitisnya kuota tersebut masih kurang dalam mengikuti pembelajaran daring. Pertama-tama waktu pembelajaran daring siswa lebih bersemangat karena berfikir itu hal baru tapi lama kelamaan mereka bosan dan malas belajar lebih-lebih tercandu bermain gadget atau games.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua Dan Guru, Penggunaan Gadget, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:41
Last Modified: 08 Jun 2022 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item