Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Perilaku Disiplin Peserta Didik di MTs Islamic Center Welahan Jepara pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Tahun Pelajaran 2019/2020

Ismail, M Harun (2022) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Perilaku Disiplin Peserta Didik di MTs Islamic Center Welahan Jepara pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (521kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap perilaku disiplin hasil peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian punishment terhadap perilaku disiplin peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui pengaruh dari pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari data-data dan informasi yang dibutuhkan peneliti. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Untuk penyebaran angket menggunakan google form dikarenakan pada waktu peneltian pada masa pandemic Covid-19. Peneliti melakukan studi lapangan di MTs Islamic Center Welahan Jepara pada peserta didik kelas VIII. Pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 26 responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel reward memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku disiplin peserta didik. Sedangkan untuk variabel punishment, dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap perilaku disiplin peserta didik. Untuk secara bersamaan varibel reward (X1) dan punishment (X2) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku disiplin peserta didik. Besarnya pengaruh reward dan punishment terhadap perilaku disiplin peserta didik ditunjukkan dengan hasil koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,239. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin peserta didik di MTs Islamic Center Welahan Jepara yaitu 23,9% dan sisanya 76,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Perilaku Disiplin
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:02
Last Modified: 08 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7204

Actions (login required)

View Item View Item