Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Miftahkurrohmah, Miftahkurrohmah (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (646kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui lingkungan keluarga siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Obyek penelitian ini adalah MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati yaitu pada ruang lingkup kelas VIII. Sedangkan teknik pengambilan sampling adalah simple random sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu angket (kuesioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga dalam kategori tinggi yaitu sebesar 69,12 yang termasuk dalam interval 65-71. (2) Motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi yaitu sebesar 70,88 yang termasuk dalam interval 69-74. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati, dengan persamaan regresi Ŷ = + X. Lingkungan keluarga terdapat hubungan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII sebesar 0,9202 termasuk dalam kategori sangat kuat. Lingkungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 84,7 % terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, motivasi belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:41
Last Modified: 08 Jun 2022 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7207

Actions (login required)

View Item View Item