Mardliyah, Umi (2022) Implementasi Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Muatan Matematika di SDN Tluwuk Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (356kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (103kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (673kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi permainan tradisional engklek dalam pembelajaran muatan matematika pada tema 4 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SDN Tluwuk Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik dalam implementasi permainan tradisional engklek dalam pembelajaran muatan matematika pada tema 4 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SDN Tluwuk Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2021/2022; dan 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam implementasi permainan tradisional engklek dalam pembelajaran muatan matematika pada tema 4 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SDN Tluwuk Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II, kepala sekolah, dan peserta didik kelas II SDN Tluwuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi, penggunaan bahan referensi, dan member check. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Permainan tradisional engklek diterapkan dalam pembelajaran muatan matematika tema 4 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SDN Tluwuk. Sedangkan langkah-langkah penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya yaitu terdiri dari persiapan (menyiapkan alat yang digunakan dalam pembelajaran), pelaksanaan (penyampaian tujuan pembelajaran, memulai permainan) dan penutup (membuat kesimpulan). 2) Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan permainan tradisional engklek dalam pembelajaran muatan matematika tema 4 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SDN Tluwuk. Indikator yang dapat menunjukkan keaktifan peserta didik dalam penerapan permainan tradisional engklek pada pembelajaran muatan matematika yaitu ikut serta dalam pembelajaran, mampu memahami materi pelajaran, bertanya jika belum paham,3) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menggunakan permainan tradisional engklek pada pembelajaran muatan matematika pada aspek kognitif (hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata kelas 77,67 menjadi 85,71), afektif (berhubungan dengan perasaan senang, semangat saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan juga belajar mengantri menunggu giliran melakukan permainan dengan cara berbaris sesuai urutan)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:26 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7301 |
Actions (login required)
View Item |