Maulana, Roys (2022) Studi Analisis Muatan Lokal Pembelajaran Materi Fiqih Kitab Fathul Qarib Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa MA NU Nurul Ulum Kauman Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (806kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (710kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana proses pembelajaran muatan lokal Kitab Fathul Qarib dalam meningkatkan pemahaman pelajaran Fiqih siswa di MA NU Nurul Ulum Kauman Jekulo Kudus. (2) problematika apa saja yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran muatan lokal Kitab Fathul Qarib di MA NU Nurul Ulum Kauman Jekulo Kudus. (3) solusi apa saja yang dilakukan dalam menghadapi problematika tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa Studi Analisis Muatan Lokal Pembelajaran Materi Fiqih Kitab Fathul Qarib Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa MA NU Nurul Ulum Kauman Jekulo Kudus, yaitu : Pertama, dalam hal proses pembelajaran guru sudah menyiapkan perencanaan pembelajaran, meliputi : pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kemudian peningkatan pemahaman dapat terjadi dikarenakan peningkatan pemahaman dengan pemberian atau pengkajian ulang materi kepada siswa dengan menggunakan kitab Fathul Qarib. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Fathul Qarib terdapat beberapa problematika. Dalam problem pelaksanaan pembelajaran meliputi: Perbedaan kharakteristik siswa, kurangnya minat belajar siswa, kurangnya daya kreatif guru untuk mengembangkan metode pembelajaran, alokasi waktu yang minim, kurangnya penguasaan kelas. Ketiga, solusi yang diterapkan oleh guru dalam tahap pelaksanaan guru memberikan motivasi kepada siswanya, untuk mengatasi alokasi waktu, guru dapat menekankan pembelajaran kitab Fathul Qarib pada pembiasaan dan praktik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran Muatan Lokal, Kitab Fathul Qarib, Pemahaman Siswa, Fiqih |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 02:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 02:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7324 |
Actions (login required)
View Item |