Nafi’ah, Laila Hidayatun (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MU’AMALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MA AL-IKHLAS TLOGOWUNGU PATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10 DAFPUS.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mata pelajaran fiqih seringkali dipandang sebagai mata pelajaran yang menjemukkan dan kurang membuka ruang bagi siswa untuk lebih kritis dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Adanya model pembelajaran konstruktivistik diharapkan mampu mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman nyata atau realitas dari lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diolah dengan uji keabsahan data yaitu meliputi uji credibilitas, uji dependabilitas, uji transferabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih, dan beberapa peserta didik kelas X-1 di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi model pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran fiqih materi mu’amalah kelas X-1 di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017 menurut peneliti dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien. Respon siswa sangat bagus ketika proses pembelajaran fiqih berlangsung. Dengan adanya model pembelajaran konstruktivistik, siswa dapat mengembangkan pemikirannya sendiri melalui pengalaman baru dan melatih keberanian siswa untuk menyampaikan pendapatnya dengan orang lain. (2) Peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran fiqih kelas X-1 di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati tahun pelajaran 2016/2017 menurut peneliti dapat dikatakan mengalami peningkatan yang lebih baik. Siswa menjadi lebih bisa mengingat soal yang diberikan oleh guru untuk dikerjakan, sehingga mereka mampu untuk menyampaikan pemikiran masing-masing dan menerapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. (3) Implementasi model pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran fiqih materi mu’amalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X-1 di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017 menurut peneliti dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien. Respon siswa sangat bagus ketika proses pembelajaran fiqih berlangsung. Dengan adanya model pembelajaran konstruktivistik,siswa dapat mengembangkan pemikirannya sendiri melalui pengalaman baru dan melatih keberanian siswa untuk menyampaikan pendapatnya dengan orang lain. Dan juga mengalami peningkatan pemahaman yang lebih baik. Siswa menjadi lebih bisa mengingat soal yang diberikan oleh guru untuk dikerjakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Konstruktivistik, ; Fiqih; Mu’amalah; Peningkatan Pemahaman Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 06:09 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 06:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/735 |
Actions (login required)
View Item |