Sari, Inda (2022) Pelaksanaan Model Pembelajaran di Masa Pandemi Menggunakan Aplikasi WhatsApp pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (328kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (887kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (241kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab Demak (2) Mengetahui proses pembelajaran model pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab Demak (3) Mengetahui hasil pembelajaran dalam pelaksanaan model pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dimana prosedur pemecahan masalah diselidiki dengan menggambarkan subjek penelitian pada peristiwa sekarang yang terjadi berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan 3 temuan, yaitu: (1) Perencanaan model pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab yaitu menyiapkan perangkat administrasi yang meliputi program tahunan yang terdiri dari semester gasal dan semester genap keterangan di dalam program tahunan berisi lembaga sekolah, mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran, kompetensi dasar, dan alokasi waktu. (2) Proses pembelajaran Model Pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab antara lain kegiatan pembuka guru menyapa peserta didik secara daring melalui WhatsApp, lalu ketika luring guru mengucapkan salam, peserta didik melakukan pembiasaan membaca surat pendek juz 30 sampai pembelajaran dimulai, dan membuka kegiatan pembelajaran dengan membaca kalimat basmalah. Kegiatan inti di MI Irsyaduth Thullab yaitu guru memberikan materi yang telah disiapkan di LKS peserta didik, panduan materi mengikuti sesuai buku modul dan buku paket KMA 2019. (3) Hasil pembelajaran dalam pelaksanaan model pembelajaran di masa pandemi menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Irsyaduth Thullab meliputi evaluasi yang diterapkan di MI Irsyaduth Thullab yaitu PHB, PTS, dan PAS. Evaluasi yang digunakan yaitu menggunakan tes tulis, tes lisan, dan penugasan beruapa setoran hafalan yang dikirim melalui WhatsApp ataupun ketika akhir pembelajaran. Setelah melakukan PTS mendapatkan rapor murni dari tes, tapi ketika PAS peserta didik akan mendapatkan rapor K13 yang sudah ada nilai gabungan mulai dari afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hasil pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pmbelajaran, WhatsApp, al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 08:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 08:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7358 |
Actions (login required)
View Item |