Pengembangan Flipbook Berbasis Hypermedia pada Materi Getaran Di MTs Negeri 2 Pati

Gustita’iroh, Ullum Miftaqul Zannah (2022) Pengembangan Flipbook Berbasis Hypermedia pada Materi Getaran Di MTs Negeri 2 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (480kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
04 Bab I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
05 Bab II.pdf

Download (560kB)
[img] Text
06 Bab III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
07 Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 Bab 5.pdf

Download (479kB)
[img] Text
09 Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Pengembangan produk buku digital dikarenakan pada tahun ajaran 2020/2021 pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut menyesuaikan dengan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Pada pembelajaran jarak jauh pendidik, peserta didik dan penunjang pembelajaran dinilai belum siap, dikarenakan bahan ajar dan media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran daring masih terbatas, maka perlu adanya pengembangan buku digital atau flipbook berbasis hypermedia untuk materi getaran dan gelombang sebagai bahan ajar selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengembangan produk bahan ajar flipbook berbasis hypermedia untuk materi getaran dan gelombang, 2) tingkat kelayakan produk bahan ajar flipbook berbasis hypermedia untuk materi getaran dan gelombang, 3) respon pendidik dan peserta didik sebagai pengguna bahan ajar yang dihasilkan, 3)karakteristik bahan ajar flipbook berbasis hypermedia untuk materi getaran dan gelombang. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE. Pada penelitian dan pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data berupa angket. Analisis data dilakukan dengan bantuan skala Likert. Pengembangan media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, penilaian guru, serta respon peserta didik. Penelitian dan pengembangan menghasilkan: 1) produk berupa flipbook berbasis hypermedia materi getaran dan gelombang untuk SMP/MTs. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan flipbook berbasis hypermedia adalah: (1) tahap analys(analisis) yang bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan pembelajaran IPA, (2) tahap Design (perancangan) bertujuan untuk merancang produk sesuai dengan hasil data dan permasalahan, (3) tahap Develop (pengembangan) bertujua untuk meghasilkan modul yang layak sesuai dengan hasil revisi berdasarkan saran masukan dari validator. 2) Hasil kelayakan diketahui bahwa kelayakan media pembelajaran dikatakan “sangat baik” yang dinilai oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing memperoleh memiliki rata-rata skor 4,7 dan 4,3. Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa flipbook berbasis hypermedia sudah dikatakan layak untuk dapat diterapkan di pembelajaran. 3) rerata respon pendidik 4,8 dengan kategori “sangat baik”, rerata uji coba skala kecil 4,4 dengan kategori “sangat baik” dan rerata uji coba skala besar 3,7 dengan kategori “baik” 4)flipbook berbasis hypermedia materi getaran dan gelombang dengan spesifikasi antara lain karakteristik fisik dan karakteristik teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Flipbook, Hypermedia, Getaran, Gelombang
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:37
Last Modified: 28 Sep 2022 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item