Pola Pengelolaan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri Bidang Multimedia ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Tegalwero Kec. Pucakwangi Kab. Pati )

Rokhim, Mohammad Abdul (2022) Pola Pengelolaan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri Bidang Multimedia ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Tegalwero Kec. Pucakwangi Kab. Pati ). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (485kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang perencanaan kegiatan life skill, pengorganisasian kegiatan life skill, pelaksanaan kegiatan life skill, serta evaluasi kegiatan life skill bidang multimedia PP Nurul Qur’an Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok atau kiyai, ustadz dan ustadzah, ketua pondok beserta santri pondok pesantren Nurul Qur'an Tegalwero. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan program pengembangan life skill bidang multimedia di PP Nurul Qur'an meliputi; (1) Menentukan tujuan; (2) Pemilihan ustadz dan ustadzah sebagai pengarah; (3) menyusun jadwal kegiatan. Tahap pengorganisasian PP Nurul Qur’an Tegalwero mulai pengasuh, ketua pondok, sekretaris, bendahara, dan devisi. Ada 6 devisi yaitu devisi pendidikan, devisi kegiatan, devisi perlengkapan, devisi sarana dan prasarana, devisi humas, dan devisi khusus pengembangan life skill. Devisi khusus pengembangan life skill ada 5 yaitu devisi pengembangan TKJ, videografi, animasi, desain grafis dan fotografi. Tahap pelaksanaan PP Nurul Qur’an Tegalwero mengkolaborasikan antara pendekatan tradisional serta modern, yaitu menggabungkan antara ilmu dan amal, dengan memasukkan kurikulum life skill didalam pembelajaran pondok pesantren. metode dalam pembelajaran life skill PP Nurul Qur'an ini menggunakan metode diskusi, metode ceramah, serta metode praktik, untuk menjadikan santri kreatif, santri mandiri, membangun kebersamaan, serta pengabdian secara langsung baik di pondok pesantren dan program kewirausahaannya. Adapun pelaksanaan dalam mengembangkan life skill santrinya, yang dilakukan pengasuh antara lain: (1) Mengintegrasikan kurikulum pesantren dan kurikulum life skill, (2) Pelaksanaan life skill melalui hubungan sinergis antar pesantren dan masyarakat, (3) Mengupayakan program kewirausahaan serta bekerja sama dengan berbagai pihak luar pesantren. Tahap pengawasan dan evaluasi pengasuh PP Nurul Qur’an Tegalwero terjun langsung ke lapangan dengan strategi: (1) Mengumpulkan laporan dari tiap-tiap penanggung jawab program. (2) Monitoring pelaksanaan program. (3) Kroscek laporan dengan keadaan. Dengan melakukan supervisi dalam bidang keamanan dan ketertiban, serta supervisi dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Multimedia, Pondok Pesantren
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:19
Last Modified: 30 Sep 2022 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7391

Actions (login required)

View Item View Item